-->

Transaksi Online, Alternatif Belanja yang Menembus Ruang dan Waktu

http://beritaecommerce.blogspot.com/2014/12/transaksi-online-alternatif-belanja.html
Jika ada yang bilang bahwa belanja secara daring (online) tidak sepenuhnya aman, hal itu mungkin benar, namun tentu tidak mutlak. Karena pada hakikatnya, semua proses transaksi memiliki risiko, khususnya transaksi online. Lantas, jika tidak terjamin aman, kenapa kita mesti tetap melakukan transaksi online? Apa sih kelebihan transaksi online?

Sejak pertama kali mencuat di Indonesia, belanja online telah memberikan banyak hal positif bagi masyarakat Indonesia, khususnya pengguna internet. Namun, hal tersebut tetap tidak bisa dilepaskan dari banyaknya orang-orang yang memanfaatkan kemajuan teknologi untuk melakukan upaya penipuan. Yang bisa dilakukan adalah dengan tetap meningkatkan kewaspadaan agar bisa terhindar dari penipuan online.

Transaksi online merupakan alternatif belanja multidimensi yang mampu menembus batas ruang dan waktu. Dengan adanya situs belanja populer, seperti Ebay maupun Amazon, orang-orang di Indonesia bisa membeli barang yang berada di Inggris, Polandia, dan negara-negara lain yang sebelumnya mustahil untuk dilakukan karena kendala geografis.

Di Indonesia pun kini sudah banyak situs sejenis, seperti Bukalapak dan Tokopedia. Keduanya mampu menghubungkan penjual dan pembeli yang terletak di pelosok daerah, seperti penjual di Wamena dan pembeli yang berada di Bekasi. Keduanya tak lagi terkendala jarak yang sangat jauh, karena dua situs tersebut mampu menghubungkan kedua pihak yang terpisah secara geografis.

Click to comment