-->

Bertanyalah Sebelum Tertipu

http://beritaecommerce.blogspot.com/2014/12/bertanyalah-sebelum-tertipu.htmlAda pepatah yang mengatakan malu bertanya sesat di jalan. Jika disesuaikan dengan kondisi di dunia transaksi online, mungkin malu bertanya bisa bikin Anda tertipu. Ya, belanja secara daring (online) bisa dibilang gampang-gampang susah alias tricky. Jadi, mau tak mau, Anda mesti sering-sering bertanya kepada siapa pun yang Anda anggap lebih paham tentang transaksi online.

Selain untuk memastikan diri Anda bebas dari penipuan, dengan bertanya sebelum bertransaksi bisa memastikan apakah situs belanja, penjual, maupun barang yang Anda inginkan benar-benar berkualitas. Di Kaskus, bertanya masih merupakan salah satu langkah penting yang mesti dilakukan, khususnya jika penjual hanya bersedia untuk bertransaksi langsung, dan tak bersedia bertransaksi via rekening bersama (rekber).

Lain hal jika bertransaksi di situs-situs belanja populer, seperti Bukalapak. Dana transaksi kita bisa dibilang terjamin keamanannya karena kita berurusan langsung dengan pengelola situs yang menjadi perantara kita dengan penjual. Penjual pun hanya bisa mengirimkan barang setelah dana dari pembeli berada di pihak perantara, dalam hal ini Bukalapak.

Namun, kembali lagi, semua soal preferensi. Pengguna internet yang sudah paham bagaimana seluk-beluk transaksi internet biasanya memilih untuk bertransaksi langsung tanpa perantara. Meski begitu, disarankan bagi Anda yang masih baru, sebaiknya gunakan sistem transaksi rekening bersama--jika berbelanja di Kaskus dan situs lain, atau langsung menuju Bukalapak untuk proses transaksi aman yang lebih mudah.

Click to comment